Selasa, 08 Desember 2020

CARA MENGATASI SAKIT GIGI

 CARA MENGATASI SAKIT GIGI DI MUSIM HUJAN



    Hallo guys, pasti diantara kalian sering mengalami gigi linu atau senut-senut saat musim hujan tiba. Nahh, kalo masalah sakit gigi mucul saat musim hujan tiba, etmin ada cara nih sedikit biar bisa ngurangin rasa sakitnya

1. Kumur Air garam



    "Kok air garam, maksutnya gimana min??" 
Gini guys, kalo sakitnya muncul pas tengah malem gada obat sama sekali, bisa dicoba nih pake cara ini. Caranya, yang jelas harus ada garam dulu ya, untuk takarannya kurang lebih 1 sdm. Setelah itu, diseduh dengan air hangat . Kalo udah tinggal diaduk terus dikumur dibagian gigi yang terasa sakit/linu. di diemin sebentar sampai rasa linu berkurang sedikit, setelah itu buang deh air kumurnya. Gampang bukan ehee..
2. Minyak cengkeh ( eugenol )
    


Caranya, siapkan kapas dan minyak cengkeh. Kemudian, teteskan minyak cengkeh sedikit pada kapas yang telah dibentuk bulat sesuai dengan besar lubang pada gigi. Setelah itu, kapas yang sudah dioles minyak cengkeh bisa diletakkan di bagian luang gigi yang sakit.

 

3. Obat sakit gigi

Jika keluarga anda sering mengalami sakit gigi, berikut adalah obat yang bisa digunakan ketika sakit gigi tiba-tiba menyerang

a. Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang biasa digunakan untuk obat sakit gigi. Ibuprofen bekerja dengan cara menghambat tubuh memproduksi senyawa yang menyebabkan peradangan, sehingga pembengkakan, rasa sakit, atau demam akibat sakit gigi dapat berkurang.

Dosis umum ibuprofen untuk orang dewasa adalah 1–2 tablet 200 mg setiap 4–6 jam sekali. Sebelum mengonsumsi ibuprofen, pastikan Anda sudah makan terlebih dahulu.

b. Naproxen

Naproxen juga merupakan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang umum digunakan untuk mengobati sakit gigi. Sama seperti ibuprofen, naproxen bekerja dengan cara mengurangi produksi senyawa penyebab peradangan. Dengan begitu, nyeri akibat sakit gigi dapat berkurang.

Karena efek penghilang rasa sakit naproxen lebih tahan lama daripada ibuprofen, Anda tidak perlu mengonsumsi naproxen sesering ibuprofen. Dosis umum naproxen untuk orang dewasa adalah 1–2 tablet 220 mg setiap 8–12 jam sekali. Ingat, jangan lupa untuk makan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat sakit gigi ini.

c. Paracetamol

Paracetamol atau acetaminophen juga merupakan salah satu jenis obat yang banyak digunakan untuk meredakan sakit gigi, terlebih jika Anda memiliki alergi pada 2 obat di atas.

Dosis umum konsumsi paracetamol untuk orang dewasa adalah 1­–2 tablet 500 mg setiap 4–6 jam sekali. Anda bisa mengonsumsi paracetamol sebelum atau sesudah makan.

Beragam obat sakit gigi, baik yang alami maupun yang medis, bisa Anda gunakan untuk meredakan nyeri sebelum mendapatkan penanganan dari dokter gigi. Namun, jika menggunakan obat sakit gigi medis, patuhi dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasannya atau sesuai petunjuk dokter. 

info seputar obat sakit gigi di sini


    Gak cukup sampai rasa sakitnya hilang aja ya guys, kalo udah hilang sakitnya bukan berarti udah sembuh. Gigi dikataka sudah sembuh apabila sudah dilakukan perawatan di klinik gigi. So, kalo sudah sakit harus segera ditambal, daripada lubangnya tambah gede yakaaan. 

Sekian dari etmin, semoga bermanfaat ya guys. inget yaa kalo sakit gigi harus periksa, periksa dan periksa okeee ^.^ annyeong......

0 komentar:

Posting Komentar